blog-indonesia.com

LIPI Temukan spesies baru

Selasa, 12 Oktober 2010

Sabtu, 22 Mei 2010


Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kembali menemukan spesies baru di Pegunungan Foja, Pulau Guinea Baru, Provinsi Papua. Peneliti yang berasal dari dalam maupun luar negeri ini mengaku, temuan ini, tidak membuat mereka berhenti, namun akan melakukan ekspedisi ilmiah untuk menemukan spesies baru.

Hal itu diungkapkan, Kepala LIPI Pusat, Prof. Dr. Umar Anggara Jenie, M.Sc. Apt, di LIPI Bogor Sabtu (22/5) . Menurut Umar, ekspedisi ilmiah untuk menemukan spesies baru tersebut, akan menyebar mulai dari Sabang sampai Merauke. Bahkan hingga sampai wilayah Papua Nugini.

“Selama ini, masih banyak spesies-spesies baru yang belum ditemukan oleh para peneliti, terutama spesies yang ada di daerah-daerah Indonesia Timur,” kata Umar usai memberikan sambutan pada peringatan Hari Keanekaragaman Hayati sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Mei 2010 (hari ini).

Karena itu, kata Umar, untuk menemukan spesies-spesies baru yang ada di nusantara bagian Timur, pihaknya, bekerjasama dengan peneliti dari NegaraJepang. Dikarenakan, LIPI masih kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dr. Siti Nuramaliati Prijono, Kepala Pusat Penelitian (P2) Biologi LIPI Bogor mengatakan, Juli hingga Agustus 2010, peneliti dari P2 Biologi LIPI Bogor akan melakukan sebuah ekspedisi ilmiah guna menemukan sejumlah spesies baru di Kalimantan Timur (Kaltim).Kata dia, daerah Kalimantan Timur merupakan salah satu hutan tropis terbesar di Asia dan letaknya berada di perbatasan antara negara Malaysia dengan Indonesia.”Mudah-mudahan saja, ekspedisi itu menemukan sejumlah spesies baru,” tandas Siti.

0 komentar: