blog-indonesia.com

Mengeluarkan Lava, Gunung Semeru Aman?

Sabtu, 06 November 2010


Telah ditentukan jalur evakuasi yang aman menuju berbagai tempat pengungsian.
Kamis, 4 November 2010, 19:17 WIB
Ismoko Widjaya
Gunung Semeru (Ikhsan Mahmudi | Surabaya Post)

VIVAnews - Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Syahrul Arifin menegaskan Gunung Semeru masih aman. Meski begitu, pihaknya akan mensosialisasikan bila bahaya datang.

"Kami telah tempatkan sejumlah personel BPBD Jawa Timur di lokasi sekitar Semeru. Selain melakukan pemantauan dan pengawasan, mereka juga memberikan pemahaman kepada warga terkait kemungkinan yang bisa sewaktu-waktu terjadi," kata Syahrul kepada VIVAnews.com, Kamis, 4 November 2010.

Dia membenarkan memang telah terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang mengeluarkan lava pijar. "Itu terjadi pagi sekitar pukul 05.10 WIB dan beberapa kali siang hari tadi. Tapi masih aman, masyarakat jangan panik," lanjut Syahrul.

Terkait kesiapsiagaan aparat, BPBD Jatim telah menyusun beberapa skenario sejak jauh hari. Pada 28 November 2010 mendatang akan dilakukan apel siaga yang melibatkan semua elemen tanggap darurat.

"Selain dari BPBD Jatim juga diikutsertakan unsur TNI, Polri, SAR, relawan dan masyarakat sekitar," Syahrul menerangkan.

Dalam apel siaga itu telah ditentukan, misalnya, jalur evakuasi yang aman menuju berbagai shelter yang telah disiapkan. Sejumlah tenda untuk pengungsi dan hewan ternak juga telah diposisikan di beberapa lokasi aman.

Sementara itu, di kantor BPBD Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani Surabaya juga terus disiagakan sejumlah petugas piket. Mereka memonitor laporan masuk dari berbagai pos pemantauan di sekitar Gunung Semeru. (Laporan: Tudji Martudji, Surabaya | kd)

0 komentar: