blog-indonesia.com

Gubernur Hawaii Akan Buka Akte Lahir Obama

Selasa, 28 Desember 2010


Ada pihak-pihak yang meragukan kewarganegaraan Obama.
RABU, 29 DESEMBER 2010, 11:49 WIB

Barack Obama (AP Photo/Matt Rourke)

VIVAnews -- Gubenur Hawaii, Neil Abercrombie, sedang mencari cara untuk merilis informasi lebih banyak soal kelahiran Presiden Amerika Serikat, Barack Obama di Hawaii.

Hal tersebut untuk meredam teori konspirasi yang mengatakan Obama lahir di tempat lain.

Abercrombie (72) adalah teman orang tua kandung Obama dan mengenalnya sejak presiden itu masih anak-anak. Ia merasa terganggu dengan upaya sebagian orang yang meragukan kewarganegaraan Obama.

Gubernur akan menanyakan terlebih dulu pada kejaksaan, soal tindakan apa yang dapat dilakukan untuk mengakhiri pertanyaan tentang dokumentasi kelahiran Obama pada 4 Agustus 1961, demikian ungkap juru bicaranya, Donalyn Dela Cruz.

"Gubernur berteman baik dengan orang tua Obama, ini terkait persoalan pribadi," kata Donalyn Dela Cruz, Juru Bicara Abercrombie.

Namun, tambah dia, ini bukan persoalan yang jadi prioritas. Sebab, daftar pertama yang harus dilakukan gubernur yang baru terpilih adalah soal ekonomi.

Belum jelas apakah Abercrombie bisa melakukan niatnya demi Obama, apalagi hukum privasi yang berlaku di Hawaii telah lama melarang rilis akte kelahiran kepada siapapun yang tak ada kaitannya.

Sejumlah pihak mengatakan Obama tak memenuhi syarat menjadi Presiden karena tak ada bukti ia lahir di Amerika Serikat, beberapa orang yang skeptis bahkan menuduhnya lahir di Kenya, tanah kelahiran ayahnya.

"Yang sangat mengganggu saya adalah beberapa orang yang mestinya tahu lebih baik, menggunakan ini untuk alasan politik," kata Abercrombie pada Los Angeles Times minggu lalu.

"Saya mungkin satu-satunya orang di negara ini yang bisa menatap mata Anda langsung, dan mengatakan saya di sana saat bayi itu (Obama) lahir," kata dia.

Ia mengaku melihat Obama kecil dalam beberapa acara, meski diketahui ia tidak melihat Obama saat baru dilahirkan di rumah sakit.

Sayangnya Abercrombie tak bisa dimintai komentar lebih lanjut soal niatnya ini. Menurut juru bicaranya, saat ini ia sedang berlibur ke Maui.

Saat kampanye pada 2008, Obama menyertakan sertifikat kelahiran. dalam dokumen tersebut tertera tanggal kelahiran, kota tempat lahir, dan nama. Juga nama dua orang tua Obama lengkap dengan rasnya.

Namun, akte kelahiran itu tak mencantumkan rumah sakit tempatnya lahir dan dokter yang menanganinya.

0 komentar: