blog-indonesia.com

candi dalam laut

Rabu, 18 Agustus 2010

Paul Turley: Candi di Bawah Laut itu Saya yang Tenggelamkan

Candi di Bawah Laut (Foto: tweetphoto/Astridyogini)

TEMPO Interaktif, Sebuah foto candi bawah laut menghebohkan situs microblogging, Twitter beberapa hari belakangan. Disebut-sebut, candi tersebut berada di perairan antara Jawa dan Bali. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata pun akan melakukan investigasi perihal foto candi tersebut.

“Misteri” itu terungkap sudah, candi tersebut adalah candi buatan yang ditenggelamkan pada 2005 oleh Paul Turley, seorang warga negara Inggris. Dalam situs berita Telegraph, Pria berusia 43 tahun ini mengaku candi itu ia tenggelamkan untuk menarik perhatian bagi sekolah diving yang ia buka di Pemuteran, Barat Laut Bali.

“Ketika saya mendengar berita tersebut, bahwa ada candi di bawah laut, saya langsung tertawa terbahak-bahak,” kata Turley. “Kami menenggelamkan candi itu untuk melakukan hal yang berbeda. Mungkin publisitas soal tersebut kurang, jadi banyak yang tidak tahu.”

Selain menarik perhatian, Paul bersama Chris Brown juga mengingatkan pentingnya konservasi. Mereka menjadikan candi tersebut sebagai terumbu karang. Mereka juga menerima donasi bagi para penyelam yang ingin menikmati candi tersebut. Hasilnya diberikan kepada nelayan setempat untuk merawat koral di taman candi tersebut.

0 komentar: