blog-indonesia.com

Perang Robot Melawan Manusia, Bumi Hancur

Minggu, 09 September 2012

Ini bukan film Hollywood. Bagaimana ketika robot benar-benar menghancurkan bumi?

Ilustrasi Serangan Robot
Ilustrasi Serangan Robot (REUTERS/ Kim Kyung-Hoon)

VIVAnews - Film Hollywood seperti The Matrix dan iRobot memperlihatkan kehancuran bumi ketika robot melawan manusia. Bagaimana ketika hari itu benar-benar terjadi?

Epipheo Studios menjelaskan langkah yang kita ambil saat robot menghancurkan bumi. Epipheo merekrut pakar robotika dan penulis buku terlaris Daniel H. Wilson untuk memberikan pandangan dan nasihat agar selamat dalam peperangan robot melawan manusia.

Wilson melompat ke masa depan dan memberikan prediksi. Pada masa itu dunia seperti film fiksi ilmiah futuristik Hollywood. Ada robot humanoid, transportasi otomatis, robotika cerdas, hewan peliharaan robot, dan robot khusus lainnya muncul pada tahun mendatang.

Untuk mengidentifikasi masa perang melawan robot telah dimulai, Wilson menjelaskan Anda perlu mengetahui tujuan perancangan robot tersebut. Jika robot itu mulai bertindak di luar tugas yang telah diprogram, saatnya Anda curiga.

Ide ini sejalan dengan Tiga Hukum Robotika yang ditulis penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov. Aturan kedua menyebutkan, "Robot harus mematuhi perintah yang diberikan kepadanya oleh manusia, kecuali perintah tersebut akan bertentangan dengan Hukum Pertama." Pada dasarnya robot harus mematuhi perintah tanpa hak bertanya.

Selayaknya skenario Hollywood, perintah ini menimbulkan konflik pada robot karena otaknya didukung intelejensia artifisial. Protes ini memicu pemberontakan.

Wilson seperti dilansir dari Ibtimes.com, menjelaskan cara paling mudah bagi Anda untuk membela diri sangat intuitif. Ambil sensor robot yang menyerang Anda. Bisa sensor kamera atau sensor panas. Robot itu tidak lagi dapat mendeteksi lokasi Anda.

Pria yang menerima gelar PhD untuk Robotika ini menyarankan untuk bergerak secara sporadis. Anda dapat meminimalkan kemungkinan robot memprediksi lokasi Anda menggunakan perhitungan matematika.

Epipheo menyelidiki cara menghancurkan robot, bukan hanya melarikan diri. Menurut Epipheo, manusia perlu menghancurkan tentara logam yang memporak-porandakan bumi.

Wilson menjelaskan cara membunuh robot. Pertama, matikan saklarnya. Tapi, tombol ini bisa berada dimana saja penciptanya hendak meletakkannya. Anda harus tahu posisinya.

Dia juga merekomendasikan untuk menggunakan altileri atau senjata besar untuk menghancurkan robot. Memukul mereka dengan tangan tidak akan berhasil karena robot tidak merasakan sakit.

Wilson pun menyarankan untuk memotong bagian tubuh robot sedekat mungkin. Kemungkinan robot tidak dapat beradaptasi dengan kondisi baru ini.

Inilah langkah dasar penyelamatan diri ketika perang robot melawan manusia pecah. Panduan lengkap melawan robot ditulis Wilson pada buku Robopocalypse.

0 komentar: