blog-indonesia.com

AT&T Akuisisi T-Mobile di AS

Minggu, 20 Maret 2011


Nilai akuisisi itu mencapai US$39 miliar, setara Rp342 triliun.
Senin, 21 Maret 2011
Kantor AT&T di Dallas, AS (AP Photo/Eric Gay)

VIVAnews - Secara mengejutkan, T-Mobile USA diumumkan telah terjual senilai US$39 miliar atau setara Rp342 triliun kepada raksasa operator di Amerika Serikat, AT&T.

Meski rumor tentang dijualnya T-Mobile beredar hangat dalam beberapa tahun terakhir, namun mereka selalu membayangkan dapat menggabungkan kekuatan bersama operator kecil, seperti Sprint Nextel atau operator termuda, Clearwire. Ternyata, kondisi tidak seperti yang dibayangkan.

Menurut kesepakatan tersebut, seperti dilansir cellular-news.com, Deutsche Telekom sebagai pemegang saham penuh T-Mobile akan menerima US$25 miliar atau setara Rp219 triliun dalam bentuk tunai dan US$14 miliar (Rp122 triliun) dalam bentuk saham di AT&T. Secara struktural, Deutsche Telekom akan menjadi pemegang saham minoritas terbesar di AT&T dengan delapan persen saham.

Namun, AT&T tetap mempunyai hak untuk meningkatkan porsi dari harga pembelian yang dibayarkan secara tunai hingga US$4,2 miliar atau Rp36,8 triliun dengan pengurangan yang sesuai komponen saham.

Perjanjian dua perusahaan juga mencakup ditempatkannya satu orang perwakilan Deutsche Telekom di dewan direksi.

Sekadar diketahui, dalam transaksi itu, T-Mobile USA telah dijajaki sebanyak tujuh kali dengan mempertimbangkan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) yang sudah disesuaikan dengan bisnis pada 2010.

Meski sudah melalui penandatanganan, proses merger itu masih harus disetujui dua organisasi resmi lain, yakni US Department of Justice (DoJ) dan Federal Communications Commissions (FCC). Proses transaksi tersebut diharapkan benar-benar rampung pada enam bulan pertama 2012.

Setelah transaksi ditutup, kabarnya Deutsche Telekom berencana untuk menggunakan sekitar 13 miliar euro atau setara Rp161 triliun dari obligasi untuk mengurangi utangnya. Dan, sekitar 5 miliar euro atau setara Rp62,1 triliun lainnya untuk membeli sahamnya kembali.

Berikut pemeringkatan sejumlah operator di AS yang disortir berdasarkan jumlah pelanggan:


Sebelum Merger Setelah Merger
AT&T 95,5 juta 129,2 juta
Verizon Wireless 94,1 juta
94,1 juta
Sprint Nextel 49,9 juta 49,9 juta
T-Mobile USA 33,7 juta
-
Metro PCS 8,1 juta 8,1 juta
US Cellular 6 juta 6 juta
Leap Wirelesss 5,5 juta 5,5 juta
Clearwire 4,3 juta 4,3 juta

(art)

0 komentar: