blog-indonesia.com

komputer

Senin, 27 September 2010

2.Perangkat jaringan komputer
Hardware yang menjembatani komputer dengan jaringan internet sangat di perlukan sehingga dapat menghubungkan komputer-komputer di belahan dunia lain.

a.Modem
Modem adalah device yang mampu memebuat komputer terkoneksi dengan internet melalui jalur telepon standar. Modem ini bekerja mengonversi sinyal informasi.

b.Hub
Hub adalah sarana networkyang digunakan untuk memperkuat transmisi sinyal pada suatu jenis workstation tertentu. Hub merupakan perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik bergabung satu jaringan.

c.Repeator
Repeater bekerja meregenerasi atau memperkuat sinyal-sinyal yang masuk. Pada media fisik seperti pada ethernet,kualitas transmisi data hanya dapat bertahan dalam range waktu dan jangkauan terbatas,yang selanjutnya mengalami degradasi.

d.Router
Router adalah suatu media penghubung antar beberapa jaringan yang memiliki ID berbeda. Penggunaan router dipakai dengan alasan selain mudah dalam mengkonfigurasikannya ke dalam jaringan,juga karena komponen komunikasi data ini memiliki kepintaran dalam memilih jalur alternatif yang lebih baik.

e.Network Interface Card (NIC)
NIC merupakan circuit board yang memberikan kemampuan komunikasi jaringan ke komputer-komputer personal yang terpasang pada motherboard.computer card inilah yang menyediakan port untuk kabel,sehingga dapat terhubung PC dengan PC juga ke network.

f.Bridge
Bridge adalah peralatan jaringan yang di gunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan media jaringan yang tidak sama unshielded twisted pair(UTP) dan kabel fiber optic.

g.Server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server menyediakan file,printer,dan layanan lain untuk client

h.Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang di ambil dari server. Komputer client menerima pelayanan dari komputer server.

i.Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor adalah kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Kabel yang biasa digunakan di jaringan adalah kabel UTP.

0 komentar: